Adu Ponsel Selfie Honor 3C vs Andromax V3s

Adu Ponsel Selfie Huawei Honor 3C vs Smartfren Andromax V3s - Diatas kertas, Andromax V3s sedikit lebih tinggi, sementara Honor 3C sedikit lebih lebar. Namun secara umum, dimensi dan bobot boleh dikatakan mirip. Ditaruh sebelahan, tampak depannya mudah dibedakan dari flash LED yang ada di Andromax V3s. Sedangkan pada tampak belakang, penampilan keduanya sangat beda. Selain beda penempatan kamera dan speaker, penampakan casing belakang pun sangat beda meski sama-sama berbahan plastik.

Andromax V3s

Permukaan Honor 3C licin glossy, Andromax  V3s kesat mirip karet. Sejauh ini stok yang disiapkan Huawei warnanya putih, sementara Smartfren siapkan warna hitam.
Sama-sama 5 inch, Andromax V3s menggunakan displai IPS dan sudah dilengkapi OGS. Honor 3C tak mencatatkan bahan displainya. Sama-sama pula dukung HD, Honor 3C didukung 1080p, sementara Andromax V3s hanya 720p. Secara kasat mata, baik Honor 3C dan Andromax V3s mampu menampilkan warna yang cukup natural dan detil yang cukup tajam, keduanya punya pengaturan otomatis untuk brightness. Honor 3C menambahkan color temperature, font style dan wireless display. Selain itu, screen candy di Honor 3C itu sama dengan Daydream di Andromax V3s.

Kinerja

Andromax V3s sudah ber-OS Android KitKat sedangkan Honor 3C masih Jelly Bean meski Huawei sudah menjanjikan segera disediakan upgrade ke KitKat. Sebaliknya Honor 3C berprosesor Quad-core 1.3 GHz + Mali 400 buatan MediaTek; Andromax V3s berprosesor Quad-core 1.2 GHz + Adreno 302 buatan Qualcomm. Baik Honor 3C maupun Andromax V3s pada dasarnya mampu mengeksekusi dengan lancar semua aktivitas yang dijajal. Masih ada lag ketika main game HD, namun secara umum berjalan mulus. Memori internatl sama-sama 8GB, dan sama-sama mudah diperbesar lewat slot microSD yang sama-sama mendukung sampai 32 GB.

Baterai Andromax V3s yang 2500 mAh diatas kertas pastinya lebih tingi dibanding baterai Honor 3C yang hanya 2300 mAh. Dengan kondisi banyak ber-SMS, telepon, WhatsApp, Line, Facebook dan Twitter via WiFi daya tahan Andromax V3s dan Honor 3C beda tipis. Dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, Andromax V3s menyisakan 37% versus Honor 3C yang menyisakan 33%. Honor 3C dibekali pengaturan Power Saving. Sementara Andromax V3s dibekali Snapdragon BatteryGuru bawaan prosesor. Secara aplikasi, fitur yang disediakan BatteryGuru tentu saja lebih lengkap.
Seperti smartphone Smartfren lainnya, tak ada UI khusus untuk Andromax V3s. Meski begitu, jendela Home mengalir ala iOS. Andromax V3s membekal sangat banyak aplikasi pihak ketiga maupun aplikasi khas Smartfren sendiri. Ada SmartShield, FunBox, Gudang Musik, Lipstik TV, My Smartfren, Smartfren Appstore dan Uangku. Sedangkan dari pihak ketiga ada Baidu Browser, Gameloft, BBM, Excite Point, PicMix, WPS Office, dan Zalora. Aplikasi pihak ketiga yang ada di Honor 3C antara lain Facebook, Kingsoft office, dan Twitter.

Selfie masih menjadi tren. Tak heran semua pabrikan sempatkan diri memasok setdaknya satu seri yang secara terang-terangan diumbar sebagai smartphone selfie. Andromax V3s salah satunya. Di pihak lain, Honor 3C memang tak gencar menyebut dirinya selfie smartphone. Namun kamera depan dengan resolusi 5MP sangat menjanjikan untuk Anda yang gemar ber-sefie. Kesimpulannya, jika anda ingin smartphone dengan harga terjangkau pilih Andromax V3s, sedangkan jika menginginkan kinerja yang memukau maka pilihlah Honor 3C.

Harga Andromax V3s : Rp. 2.000.000,-
Harga Honor 3C : Rp. 2.200.000,-

Adu Ponsel Selfie Honor 3C vs Andromax V3s | Ryan Zeini Rohidin | 5