Review dan Harga Terbaru Samsung Galaxy Tab S 8.4

Review dan Harga Terbaru Samsung Galaxy Tab S 8.4 - Samsung memang telah punya serangkaian smartphone berlayar Super AMOLED. Namun layar super AMOLED untuk tablet, baru pernah dirilis sekali, sekitar dua tahun lalu. Kini, Samsung kembali membekali tablet terbarunya dengan layar Super AMOLED dalam desain tipis dan berkinerja tinggi.

Ya, teknologi layar super AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Eemitting Diode) memang hanya milik Samsung. Lalu apa kehebatan layar tersebut? Menurut Samsung sendiri, bahwa layar tersebut diklaim bisa menghasilkan 90 persen cakupan warna Adobe RGB. Jadi, teknologi AMOLED ini mampu menampilkan berbagai warna yang belum ada sebelumnya. Layar tersebut juga menyajikan tampilan dengan rasio kontras yang sangat tinggi yaitu 100.000:1. Dengan rasio ini, gambar yang dihasilkan leibh tajam, lebih realistis dengan suguhan warna hitam lebih gelap dan putih lebih terang. Boleh dibilang, ini adalah tablet Samsung dengan layar tertajam.

Menurut riset Samsung, pengguna tablet trbanyak melakukan tiga hal yakni berselancar internet (browsing), menonton, video, dab beraktivitas di media sosial. Adapun film yang ditonton adalah film-film berdurasi panjang. Semuanya akan lebih nyaman jika dilakukan di tablet yang gesit berlayar tajam yang cemerlang.


Desain
Desain tipis menjadi pembeda dengan tablet Samsung lainnya yang sikunya melengkung. Galaxy Tab S ini punya ujung-ujung kotak yang modern. Wananya coklat baik didepan maupun belakang. dengan bingkai kuning keemasan. Nuansa premium pun tersuguhkan sempurna. Saat digenggam, sisi belakang memiiki lubang kecil dan membuatnya tak licin saat digunakan. Layarnya memang tampak sangat tajam, terang namun tetap nyaman di mata. Termasuk saat dibawah sinar matahari layar tetap jelas terlihat. Hal ini membuat segala aktivitas di tablet terasa menyenangkan. Apalagi kinerja layarya juga responsif terhadap sentuhan jari.


Pada tombol, tersedia power dan volume di tepi kanan. Lalu port microUSB dan jack 3,5 mm dibawah, serta kamera plus flash di belakang. Yang menarik, speaker stereonya jauh terpisah, ada diatas dan dibawah. Dari pengaturan volume, bisa langsung mengatur suara ringtone, musik, notifikasi dan suara sistem. Ukuran layar 8,4 inch memang ta cukup digenggam dengan satu tangan. Namun, 8,4 inch terasa pas untuk menikmati segala sajian multimedia seperti browsing, video, klip lagu, foto dan video. Apalagi bobotnya ringan dan tipis. Dibawah layar, ada tombol multitasking, Home dan Back. Pengaturan multitasking bisa dilakukan dengan mudah, termasuk adanya Task Manager untuk mengatur aplikasi yang aktif, sekaligus mengetahui besarnya memori RAM terpakai.

Multimedia
Audio Playernya memakai Google Play Music. ada sedikit pembaruan di menuna, yaitu di equalizer yang emudahkan pengaturan equaliser siap pakai karena berupa kotak kuadran. Equaliser manual ada 7 kanal, ditambah 3 efek penting; 3D Bass dan Clarity. Lewat speaker, lagu yang keras dan jernih bisa dinikmati dengan nyaman. Efek stereonya sangat terasa sehingga suara terasa memiliki dimensi (surround). Ini berkat jarak dua speaker yang berjauhan. Lewat handset, suara bass yang empuk dan nada tengah jernih bisa dinikmati. Begitu pula efek stereo yang terasa kuat kuat pada atraksi suara kanan dan kirinya

Kamera
Tablet ini berkamera 8MP plus flash dengan menu lengkap. Ada Burst shot untuk memotret banyak gambar sekaligus, ada picture stabllization untuk foto dan video. ADa gace detection dan tagging, dan tig pilihan pengukuran fokus. Mode foto juga lengkap, seperti Auto, beauty face, panorama, shot and more, HDR, DUal camera.

Dengan fitur Dual camera, kita bisa merekam video dengan kamera depan sambil memotret dengan kamera belakang. Tersedia pula pintasan untuk download aplikasi foto seperti Sports Shot untuk memotret olahraga serta sound & shot untuk memotret sambil menambah suara. Fitur stabilisasi bisa diakses langsung di layar. Begitu pula untuk memotret, bisa dengan menu shutter atau langsung tap di layarnya. Objek makro terekam dengan mudah dan baik, tajam didepan layar dan latar sangat blur.

Hasil fotonya diluar ruang sangat memuaskan. Foto tampak tajam jernih dengan warna-warna alami yang indah. Kamera mampu merekam perubahan warna gelap menjadi warna yang terang. Didalam ruang atau malam hari, noise mulai muncul meski masi terasa enak dilihat. Warna juga lebih pucat. Untungnya ada flash yang kuat yang membuat noisenya sangat berkurang dan warna kembali menjadi cemerlang.

Rekaman videonya juga menunjukkan hal senada karena menghasilkan hasil yang tajam dan berjalan dengan mulus dengan warna yang mantap tentunya. Didalam ruang, warna agak keputihan namun ketajaman masih cukup terjaga. Lampu kilat yang diaktifkan sebagai lampu video bisa membantu mendongkrak kualitas video. Kamera depan dengan resolosi 2,1 MP bisa diandalkan termasuk saat ada dalam ruangan. Meski ada flash, hasil foto juga tetap tajam dan berwarna cerah.

Kinerja
Dengan prosesor Octa Core 1,7 Ghz, apa yang tidak bisa dikerjakan oleh tablet ini? Semua aplikasi dan game yang berat berjalan mulus, termasuk saat multitasking. Memang, terkadang kami melihat ada sedikit lag saat memainkan game 3D yang berat seperti Racing 3 atau Asphalt 8.


Browsing di tabet ini menyenangkan karena layar yang terang dan tajam dengan semua warna terangkat. Sedikit minus di browser bawaannya adalah ukuran font yang sulit diubah, sehingga kurang nyaman. Konektivitasnya uga sangat lengkap. Selain internet HSPA yang cepat, perangkat ini mudah berkomunikasi dengan erangkat digital lain. Misalnya bisa mencetak angsung ke printer berkat HP dan Samsung Print SErvice Plugin. Juga ada Screen Mirroring yang bisa menampilkan isi layar ke peranti lain lewat WiFi. Adapun baterai yang bear, membuatnyabisa bertahan sampai seharian dipakai.

+ Layar mantap, tipis dan ringan, baterai awet, aplikasi komplit
- Baterai tidak bisa diganti

Harga yang dibanderol Samsung Galaxy Tab S 8.4 adalah Rp. 5.700.000,-

Review dan Harga Terbaru Samsung Galaxy Tab S 8.4 | Ryan Zeini Rohidin | 5