Review dan Harga HP Hewlett Packard 7 Voice Tab

Review dan Harga HP Hewlett Packard 7 Voice Tab - Produk buatan Tiongkok memang kedengarannya ganjil. Tapi apa daya, faltanya biaya produk bisa dipangkas. Meski HP harus bertaruh dengan citra brand-nya yang terlanjur kelas atas. Dirilis Juni silam di Bali dan menggunakan nama alias "Bali". Faktor bentuk tablet, tapi memiliki fungsi telefoni. Yang bahkan oleh HP sendiri ada yang menganggap lucu. Tetapi dengan banderol kurang dari 2 juta, HP coba raih untung di Android dengan turunnya tren penjualan tablet saat ini.

Desain
HP Hewlett Packard 7 Voice Tab tak bisa dijuluki phablet. Sebab memiliki layar 7 inci, yang justru ditinggalkan oleh banyak pemain tablet. Dan beralih ke layar 8 inci yang lebih nyaman. Tak ada desain istimewa ditampilkan. "Kulit" belakangnya pun terasa kurang kokoh jika menganut pada kontruksi unibody. Di punggung atas, berbaris dengan kamera, terdapat cover yang yang dapat dilepas. Fungsinya tak lain sebagai penutup slot kartu SIM. Disini juga bercokol sebuah speaker, selain itu speaker lagi diujung punggung bawah.


Sayang, slot memori ta diletakkan di bagian tadi. Melainkan dengan posisi bebas seperti ini sebenarnya berbahaya, khususnya soal keamanan. Kartu memori dengan mudah dilepas oelh siapapun. Layar 7 inci pun tidak efisien memnuhi penampang depan. Masih ada space lega tersisa dibawah layar yang tidak terpakai. Dalam konsep desain produk ini biasanya kelebihan seperti ini justru dipangkas agar form factor semakin ringkas dan handy. Tetapi perpaduan antara line warna silver, klier putih dan penampang dengan hitam, cukup meyakinkan.

Kinerja
Di tataran kelas mid low, HP Hewlett Packard 7 Voice Tab tak mengecewakan, meskipun chipset dipasok oleh MediaTek memakai seri MT8382 yang berkecepatan komputasi 1,3 GHz empat inti. I mampu menonjok mencapai level 16688. Sedikit lebih baik ketimbang EverCoss AT1A yang tengah naik daun. Tetapi jika dibandingkan dengan tablet lokal lain, Speed Up Pad Fun TB-713, ia kalah set. tetapi masih sedikit unggul dibandingkan lawan seharganya, yaitu Asus FonePAd 7 Dual SIM.
Dengan kata lain, dikisaran Rp 1,8-2 Jutaan, HP Hewlett Packard 7 Voice Tab masih cukup kompetitif. Nilai plus pada seri ini adalah kemampuan untuk membaca data dari USB flashdisk atau UTS Ini bisa dibilang jadi keuntungan bagi pengguna yang masih menyimpan data di flash disk.


Kamera
Tren tabet memang menurun. Karenanya HP maunya mengikuti daya beli konsumen dan harus berebut populer dengan nama-nama Speed Up, Asus, dan beberapa brand lain yang lokal. Mereka ini umumnya hanya menyediakan kamera 2 MP dan kamera depan hanya VGA.


Namun, sensor capture objek bidikan terasa lambat. Anda tidak punya opsi lain seperti mode burst untuk memotret objek yang bergerak cepat. Hitungan kami butuh rata-rata 2 detik dan Anda menekan tombol kamera ke proses capture. Disisi lain, tak banyak opsi olah foto dan kreatif. Mode adjust foto ditawarkan, sedikit saja pengembangan yang tidak terlalu signifikan peningnya. Sebuah model blur juga ditambahkan tetapi fungsinya disaat sekarang tidak terlalu berarti. Apa boleh buat Anda harus mengandalkan aplikasi dari luar yang tersedia di Play Store.

Multimedia
Dengan memakai OS Android KitKat, HP tampaknya tak mau berkreasi lebih, ia sangat mengandalkan apa yang disediakan oleh Google. Misalnya adalah Music Player dan Video Player. Selain itu, Radio FM yang ditawarkan pun tak dikreasi dengan tampilan yang lebih memanjakan mata.

Harga Terbaru HP Hewlett Packard 7 Voice Tab :  Rp. 1.800.000,-

Review dan Harga HP Hewlett Packard 7 Voice Tab | Ryan Zeini Rohidin | 5