Review dan Harga BOLT! Powerphone ZTE V9820

Review dan Harga BOLT! Powerphone ZTE V9820 - Ide membungkus kemampuan 4G dalam smartphone, harus diakui adalah ide yang sangat jenius. Sebelumnya, kampanye marketing yang besar-besaran dan jor-joran BTS di jabodetabek pelanggan merasa senang menadapatkan kecepatan internet yang sangat tinggi dengan layanan Bolt Super 4G LTE lewat modem maupun WiFI. Namun kemudian mereka merasa lebih mendambakan akses yang lebih fleksibel, mudah digunakan kapan dan dimana saja. Menggunakan akses 4G dengan modem atau wiFi Bolt seperti harus bekerja 2x karena harus membawa-bawa modem dan mengaktikannya secara terpisah. Artinya ada dua kesulitan yang “ribet”. Na, untuk mengatasinya dihadirkannya Bolt! PowerphoneZTE V9820, sekaligus menjadikan terobosan baru smartphone 4G dual SIM on pertema di dunia!



Desain

ZTE merupakan penjual dan pemasok handset besar di dunia dengan portofolio yang sudah berjumlah puluhan atau mungkin sudah ratusan. Wajar jika terjadi pengulangan dalam desain luar antara satu seri dengan yang lain, tentu dengan pertimbangan tertentu. Apalagi dari puluhan portofolio ponsel ZTE yang ada di dunia, perbedaan packaging antara satu seri dengan lainnya cukup samar terlihatnya.



ZTE V9820 ini secara desain kemasan juga sepertinya mengulang atau malah menggunakan desain yang sama dari seri Blade Q Maxi yang dirilis kuartal terakhir tahun lalu. Besaran layar yang 5 inch dan komposisi tombol kedua seri amatlah mirip. Meskipun demikian, jeroannya berbeda sama sekali. Sisi belakang adalah bagian paling menarik dari desain BOLT! Powerphone ZTE V 9820 ini, jika kita dirundung bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja dari ponsel di pasaran. Pada bagian belakang casing yang bisa dibuka untuk mencopot baterai dan mengganti SIM card dan microSD, terdapat dua branding sekaligus. Apalagi kalau bukan ZTE yang bertanggung jawab terhadap kinerja hardware dan BOLT! Yang berkewajiban menyediakan SIM card default dan menggelar jaringan 4G.

Masih dibagian punggung sebe;ah bawah, terdapat kisi-kisi jendela untuk menyemburkn bunyi speaker. Disampingnya, dicetak logo Dolby yang seakan ingin menegaskan bahwa smartphone ini didukung oleh teknologi juara dalam hal surround audio. Bobotnya 172 gram, membuatnya akan terasa berbobot apalagi dalam genggaman perempuan.


Kinerja

Dengan kapabilitas 4G, tentu tak elok jika hardware yang digeber “njomplang” dengan kemampuan jaringan yang canggih tersebut. ZTE memilihkan prosesor Snapdragon 400 MSM8926 yang quadcore. Prosesor ini berkecepatan 1,2 GHz boleh dikata sebagai keceptan yang moderat, apalagi jika dikaryakan dalam rangka menjaga agar harga jual “the whole package” ta terlalu melambung. Toh RAM nya diberi sedikit kemewahan dengan kapasitas 2 GB.


Kelegaan RAM yang disediakan ini yang meurut SINYAL sangat membantu mendongkrak kenyamanan dan kecepatan kinerja V 9820 ini. Mulai dari saat menghidupkan handset, maupun berpindah-pindah menu, menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, memainkan game kelas berat, semua mulus dijalankan. Janga lupakan juga peran prosesor Adreno 305 sebagai pemacu kemampuan menampilkan grafis. Transisi antar-frame pembentuk gambar mulus sehingga bikin betah terus untuk memandangi video atau gambar di handset ini.




Dari segi perangkat lunak, sistem operasi yang disuapkan dalam seri ini adalah Android termutakhir KitKat 4.4.2 ZTE tak memberikan sentuhan beda pada user interface ini, yang mana memang tak begitu diperlukan karena penggunanya akan lebih tertarik menjelajahi dan merasakan segala lekuk liku Android terbaru sebagaimana aslinya. Toh, ZTE dan Bolt! Memberikan banyak aplikasi tambahan yang berkaitan dengan konten lokal. Misalnya adalah Guvera, lewat mana life, Grabtaxi, Scoop dan lain-lain. 


Baterai yang 2300 mAh cukup menunjang stamina unit ini dalam mengarungi tugas sebagai pengantar internet yang supercepat, ktika mendapat sinyal yang bagus. Namun kapasitas baterai ini lebih membantu manakala harus dipaksa untuk mencari sinyal di tempat-tempat yang masih merupakan blank-spot. Dalam penilaian SINYAL, kinerja baterai sudah memadai.

Yang tak boleh dilupakan adalah bagaimana kinerja akses jaringannya? Ini penting karena alasan utama membeli BOLT! Powerphone ZTE V9820 adalah ingin mendapatkan kecepatan yang ditawarkan teknologi 4G dikombinasikan dengan sebuah smartphone. Dalam pengujiannya “fungsi modem” untuk menangkap sinyal data yang dijalankan smartphone ini berjalan dengan baik. Kita tahu bahwa kecepatan yang bisa ditangkap sangat bergantung posisi kita berada, mengingat masih banyak jaringan yang masih blankspot di Jabodetabek. 



Namun dari hasil blusukan menguji jjaringan 4G dari PT Intenux (Bolt!) ini setidaknya menunjukkan dua hal : Pertama, BOLT! Powerphone ZTE V9820 memang bisa menangkap data dengan kecepatan tinggi. Rekor SINYAL adalah mendapatkan kecepatan 33,6 Mbps. Kedua, jaringan Bolt! Di Jabodetabek memang terbukti ada yang berkecepatan sangat tinggi di daerah tertentu, meski ada juga beberapa daerah yang masih blankspot dan berbercak putih di peta coverage, menandakan daerah tersebut belum terjangkau jaringan. Jangan salah, daerah blankspot ini juga terdapat di kawasan tengah kota seperti Palmerah Selatan dan Jalan Panjang, Kebon Jeruk.


Meskipun perangkat ini berorientasi data, jangan lupakan juga kemampuan teleponnya, karena ijin yang diberikan untuk PT Internux adalah ijin penggunaan komunikasi data, maka agar tidak melanggar regulasi, mereka menyiasatinya dengan menanamkan SIM card kedua untuk kepentingan. Alhasil, ada pembagian tegas antara akses data yang mau tak mau harus diselenggarakan di SIM card kedua yang bisa diisi dengan operator apapun lainnya namun dibatasi hingga akses jaringan mencapai 2 GB.


Kamera

Salah satu spesifikasi yang cukup mewah yang ditawarkan oleh BOLT! Powerphone ZTE V9820 adalah dalam hal kamera. Ponsel ini dibekali dengan kamera beresolusi 13 MP yang termasuk dalam standar menengah keatas teknologi kamera ponsel saat ini. Mengingat harga jualnya yang mencapai Rp 3,1 Jutaan maka orang akan menggerutu lumayan dalam hal mengundang ketertarikan dalam membelinya.


Dalam pengujian kamera, terbukti bahwa kualitas foto yang dihasilkannya sangat memenuhi ekspektasi akan kamera dengan kekuatan 13 MP. Warna yang dihasilkan tidak menyimpang dari warna aslinya. Noise sangat diminimalisir  bahkan ketika dipaksa memotret dalam keadaan kurang pencahayaan.


SINYAL juga tertarik akan hasil foto dengan zoom 2x yang masih menghasilkan foto yang memadai untuk kepentingan ditampilkan di layar ponsel. Gambar ta begitu pecah dan ber-jaggies kalau hanya untuk konsumsi layar smartphone sampai tablet. Hanya saja harus dikatakan bahwa SINYAL menjumpai masalah dalam aplikasi kamera ini. Pada unit yang diuji SINYAL, setelah beberapa kali pemotretan yang dilakukan dengan mulus, aplikasi tiba-tiba hanya bisa memotret dengan kamera depan yang beresolusi 2MP. Segala upaya telah dilakukan, termasuk dengan melakukan factory resettng, namun tak berhasil. Dicoba dengan menginstall aplikasi kamera lain, masih juga tak berhasil. Sepertinya ada masalah hardware kamera pada unit yang kami uji.


Spesifikasi Ringkas BOLT! Powerphone ZTE V9820




+ ) Potensi untuk mendapatkan kecepatan akses internet yang sangat super cepat, kinerja gesit, audio yang ciamik dan kamera yang mumpuni.

- ) Kamera bermasalah, relatif berat, coverage terbatas (tempat tertentu di Jabodetabek), SIM kedua dibatasi hanya bisa akses jaringan 2G


Harga BOLT! Powerphone ZTE V9820 : Rp 3.099.000,-

Review dan Harga BOLT! Powerphone ZTE V9820 | Ryan Zeini Rohidin | 5